Selamat Datang Tuan dan Puan. Horas!

Jumat, 02 Juni 2017

Derita Fresh Graduate

Setamat SMA kita disibukkan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, ada yang sampai kursus dan ada juga yang hanya mengandalkan belajar otodidak dan doa saja. Banyak yang berhasil ke Perguruan Tinggi Negeri, ada pula yang gak masuk. Nah mereka yang gak masuk tentu saja berkuliah di Perguruan Tinggi Swasta. Kehidupan di kampus nyaris sama, belajar, organisasi, atau kegiatan lainnya. Selama menjalani perkuliahan, kita sama-sama disibukkan dengan tugas-tugas. Hingga di penghujung semester, datanglah Skripsi. Bagi kebanyakan orang, skripsi adalah momok yang begitu menakutkan. Banyak juga yang meninggal gara-gara skripsi. Coba baca di sini. Tapi perlahan demi perlahan, sedikit demi sedikit, Skripsi bakal berlalu, jika memang dikerjakan dengan benar. Ngerjain skripsi itu, yang buat lama adalah dosennya. yang pertama, dosen seenaknya aja ngasih waktu bimbingan. Janji hari ini, tau-tau dibatalin. Intinya sih di masa ini kegiatan kita kebanyakan adalah "menunggu", ya bisa jadi menunggu jam bimbingan yang gak tentu, atau menunggu revisian. Nah yang kedua, banyak dosen yang bener-bener teliti dan gak sembarangan. Beliau minta kita kerjakan dengan metode A, besok metode B, besoknya lagi metode C, hingga akhirnya kembali pada metode A. ini nih yang buat lama. Karena kita bakal revisian terus. Tapi ini bukanlah akhir dari penderitaan. Badai pasti berlalu dan akan datang badai lainnya.

Perlahan tapi pasti skripsi pun kelar dan akhirnya wisuda. Dan para mahasiswa yang akhirnya lulus itu pun bergembira ria di hari wisudanya. Padahal sebenarnya, status mereka secara resmi menjadi pengangguran. Saya juga pernah mengalami masa-masa ini. Sebulan menjadi pengangguran dirasa masih wajar dan masih bisa dimaklumi mungkin dan perasaan juga masih santai karena menikmati masa-masa bebas setelah beban skripsi. Di masa ini, wisudawan lagi giat-giatnya cari loker di internet maupun koran. Mereka pasang target tinggi. Ada yang pengen bekerja di perusahaan asing, bumn, atau instansi pemerintahan. Sah-sah aja. Lulusan baru emang begitu. Dan biasanya, target mereka memang tinggi, dan memang harus tinggi. Mereka gak mau kerja di perusahaan yang gak ternama dan abal-abal. Gengsi dong.


Tapi waktu demi waktu berlalu. Dua bulan pengangguran mulai merasa sedikit cemas, tapi cuma sedikit cemasnya. Hingga puncaknya adalah di bulan ke tiga. Di masa ini kecemasan mulai membesar. Dalam hati terbesit, kenapa sampai sekarang aku belum dapat kerja juga. Banyak tekanan. Tekanan tetangga yang biasa bilang "itu sarjana kenapa ngganggur", belum lagi tekanan orang tua, sebenernya sih orang tua gak nekan, tapi perasaan diri sendiri yang gak enak sama mereka.

Kalian tau yang paling buat jengkel?
Ketika ada iklan lowongan kerja, dengan spesifikasi pendidikan yang sesuai dengan kita, tapi ternyata meminta pengalaman minimal 1 tahun. Kalian bayangkan, semua iklan mengharuskan berpengalaman, gimana perasaan fresh graduate? yang gak punya pengalaman? yang perusahaan pun gak ada yang buka lowongan buat kasih mereka pengalaman? jadi siapa yang kasih fresh graduate pengalaman kalo semua iklan loker mewajibkan harus sudah berpengalaman? Bahasa gampangnya gak ada lowongan buat fresh graduate, ada sih tapi dikit, itu pun paling juga jadi sales.

Para lulusan baru ini selalu kalah di wawancara. Ketika ditanyain "pengalaman kerja berapa lama?". mereka ga akan bisa jawab. Bakal kalah sama yang udah tua-tua, yang lebih experienced.

Jadi sarjana itu gak gampang, tekanannya banyak. Kita kerja gak bisa sembarangan. Ketika kita kerja yang orang tamatan SMA juga bisa kerjakan, mereka bakal bilang "untuk apa kuliah kalau cuma tamat SMA doang bisa jadi itu". Kalian bayangkan, ketika ada Sarjana yang bekerja di levelan SMA itu dicemooh, dianggap ijazahnya gak berguna, percuma. Ini dilema. Kerja aja di cemooh, konon lagi mengganggur. Ini tekanan berat.

Ya inilah kehidupan setelah wisuda. Tekanan dimana-mana. Kerja gak bisa sembarangan, tapi juga gak mau nganggur. Intinya sih lulusan baru memang begitu, gengsi. Tapi lama kelamaan mereka sadar, dan akhirnya mau kerja walau gak sesuai impiannya.

1 komentar:

  1. Sky Casino in Jordan 7-star Discounts - Air Jordan7
    Shop air jordan 18 retro yellow suede sale for SKYCITY's 7 air jordan 18 retro men blue online store STAR find air jordan 18 retro men red discount code and promo. 사설 토토 자수 유니 88 Save with our latest SKYCITY promotional codes & free promo for more bestest air jordan 18 retro men blue than 15 countries.

    BalasHapus

Animated Spinning Kunai - Naruto